PKBM AL - IZZIYAH Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Terbaik di Palembang - Aldi Blogger

PKBM AL - IZZIYAH Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Terbaik di Palembang


Selamat pagi kawan-kawanku blogger sekalian bertemu lagi sama admin aldiblogger yang baik hati dan tidak sombong ini tentunya hehe. setelah kemarin kita telah membahas sebuah tips yang bermanfaat, kali ini mimin akan membagikan pengalaman yang mungkin cukup unik untuk dibahas.

Diantara kalian pasti mengenal dong dengan yang namanya pusat kegiatan belajar masyarakat yang biasa disingkat dengan PKBM. yaitu sebuah pusat kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat-masyarakat baik muda ataupun tua yang mungkin belum sempat sekolah atau ada masalah lain yang diharuskan harus stop bersekolah.

Adapun tujuan PKBM itu sendiri ialah untuk memperluas kesempatan masyarakat yang belum mampu untuk meningkatkan keterampilan, sikap mental, pengetahuan yang sangat diperlukan dalam mencari kerja.

PKBM sendiri masih dibawah pengawasan dan juga bimbingan DPN atau Dinas Pendidikan Nasional.

Adapun program serta kegiatan di PKBM antara lain:



• Pendidikan kesetaraan : SD (PAKET A), SMP (PAKET B) dan SMA (PAKET C)

• Pendidikan keaksaraan fungsional/KF (untuk buta aksara)

• Pendidikan anak usia dini (PAUD)

• Taman bacaan masyarakat (TBM)

• Pendidikan parenting yang meliputi: Kewarganegaraan, Keorangtuaan dan juga Kerumahtanggaan

• Pendidikan keterampilan, kursus-kursus dan kecapakan hidup (life skill)

• Pendidikan kewirausahaan, kelompok belajar usaha (KBU dan KUBE) dan juga usaha produktif masyarakat.

• Pendidikan mental spiritual - religius / keagamaan

• Pendidikan pelestarian hutan, lingkungan hidup, penyuluhan pertanian dan juga pertenakan serta perikanan.

• Pendidikan kesehatan masyarakat

• Dan lain lain.

Untuk yang belum paham betul dengan apa itu paket A,B dan juga C langsung baca dibawah ya, kita bahas lagi.

• Pendidikan Kesetaraan Paket A


Merupakan program pendidikan setingkat dengan Sekolah Dasar (SD)

• Pendidikan Kesetaraan Paket B


Merupakan program pendidikan setingkat dengan Sekolah Menengah atau lanjutan (SMP)

• Pendidikan Kesetaraan Paket C


Merupakan program pendidikan setingkat dengan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Legalitas PKBM


Pada Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional telah mengakui bahwa PKBM ini merupakan satuan pendidikan Non Formal. sama seperti yang telah diakuinya Sekolah merupakan Satuan Pendidikan Formal.


Setelah mengetahui lebih jauh tentang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, dibawah ini mimin akan membagikan sedikit pengalaman mengikuti Pendidikan kesetaraan paket B atau setingkat dengan SMP.

Begini ceritanya:

Pada akhir tahun 2018 kemarin mimin ada niatan untuk mengikuti PKBM ini dikarenakan 4 tahun yang lalu sempat drop dari sekolah dikarenakan ada masalah pribadi, pada saat itu mimin tidak mau lagi melanjutkan sekolah dengan berbagai macam alasan.

Tapi dengan seiringnya waktu mimin terus berpikir bahwa yang ada ijazah aja masih susah dapat kerjaan, apalagi yang tidak punya sama sekali, hari demi hari kepikiran terus gimana cara mengatasi masalah ini, pikiran pusing mau sekolah kayaknya sudah tidak mungkin lagi ya kan.

Pernah hampir putus asa dan cuma bisa bilang dalam hati "rezeki sudah ada yang ngatur, walaupun tanpa ijazah semoga saja bisa dapat kerjaan" tapi omongan tersebut selalu terkalahkan oleh mereka yang sering bilang bahwa sangat susah mendapatkan kerjaan jika tidak ada ijazah.

Alhamdulillah sekitar hampir 4 tahun dari drop sekolah mimin dikasih saran oleh kakak untuk mengikuti Pendidikan kesetaraan paket B saja, terus dijelasinlah oleh kakak saya tadi sedetail mungkin, lalu mimin langsung kepikiran mau banget mengikuti apa yang seperti yang dibilang kakak.

Setelah itu mimin langsung cari info PKBM terdekat yang ada di daerah mimin, dan alhasil ketemu dengan PKBM AL - IZZIYAH yang berlokasi dipalembang, sebab mimin juga tinggal di palembang dan kebetulan posisi PKBM nya juga tidak jauh dari tempat mimin tinggal.

Lewat bantuan google maps dan juga blog resmi dari PKBM AL - IZZIYAH akhirnya mimin bisa menghubungi anaknya pengurus PKBM tersebut yang Bernama mbak "AMEL" orangnya ramah, sopan, pinter dan juga cantik hehe.

Setelah Berkomunikasi lewat whatsapp akhirnya diberi kesempatan untuk bertemu langsung dengan mbak amel nya, kemudian dijelasinlah oleh si mbak tadi mengenai Program kesetaraan paket A,B, dan juga C tersebut.

Kemudian sepakatlah bahwa mimin akan ikut program tersebut, lalu sekitar 5 bulan akhirnya ujiannya pun tiba, hati dag dig dug sebab baru pertama kali ikut Program PKBM ini, tapi setelah memasuki ruang ujian apa yang mimin dapat?

Sangat berbeda dengan yang mimin bayangin sebelumnya, mimin mengira bahwa ujiannya akan sangat sulit dengan beratus-ratus soal, tapi kenyataannya sangat berbalik, ujiannya sangat gampang dengan soal tidak sampai 50 yang bisa dibilang tidak terlalu sulit.

Setelah menjalani ujian selama 4 hari akhirnya tinggal nunggu keluarnya ijazah, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari mengikuti program tersebut dan selain itu mimin juga mendapatkan banyak teman yang bisa dibilang baik-baik dan juga ramah-ramah.

Untuk kalian yang putus sekolah dengan alasan tertentu dan tidak mau melanjutkan sekolah maka saran mimin ikut PKBM aja, dan untuk yang berlokasi di palembang dan sekitarnya mimin sangat rekomendasikan untuk langsung gabung di PKBM AL - IZZIYAH sebab disana kalian akan mendapatkan pelayanan yang baik dari pengurus-pengurus PKBM nya.

iya mungkin cukup sampai disini saja cerita pengalamannya, dan untuk kalian yang kurang jelas bisa langsung berkomentar dibawah ini, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, saya admin aldiblogger pamit dulu wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PKBM AL - IZZIYAH Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Terbaik di Palembang"

Post a Comment

Jika kalian senang dengan artikel diatas bisa langsung berkomentar dengan baik dan sopan, satu komentar sangat berharga untuk saya dan website ini kedepannya.

Terimakasih, admin aldi blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel