Cara mengamankan android dari virus malware - Aldi Blogger

Cara mengamankan android dari virus malware



Selamat siang kawan-kawanku blogger sekalian bertemu lagi sama admin aldiblogger yang baik hati dan tidak sombong ini hehe pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang sebuah tips yang sangat bermanfaat tentunya.

Android merupakan sistem operasi yang sipatnya open source jadi alasan itulah yang membuat smartphone android sangat mudah diserang oleh virus, hacker, malware ataupun sejenisnya yang bisa membahayakan kita.

Jaman sekarang ponsel pintar atau smartphone baik itu os android ataupun iOs telah menjadi bagian penting di kehidupan kita karena fiturnya yang bisa membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah seperti berkomunikasi.

Selain berkomunikasi smartphone juga bisa digunakan untuk menghilangkan bosan dengan cara mendownload berbagai macam game yang sudah disediakan pada android tersebut jadi sudah tidak heran lagi jika hampir setiap detik orang-orang tidak akan bisa lepas dari yang namanya smartphone.

Dan faktanya ada jutaan bahkan lebih smartphone android yang mengalami error, kena h4ck3r, pencurian akun dan sampai-sampai datanya hilang, waduh kalau sudah begini namanya over bahaya dong.

Jadi untuk kalian yang membaca ini sebelum kejadian yang tidak mengenakan tersebut terjadi juga pada anda maka hal yang harus dan cepat dilakukan ialah dengan cara memberi pengamanan lebih pada android kita.

Tapi kenapa harus diamankan min? apakah sangat berbahaya?

Virus, malware dan sejenisnya merupakan tindakan yang sangat merugikan si pemilik android, banyak dampak negatif yang ditimbulkan dan yang paling parah ialah data-data pada android kita akan hilang bahkan dicuri.

Terutama h4cker karena jaman sekarang kebanyakan orang telah menggunakan smartphone nya untuk kebutuhan bisnis seperti jadi sangat disayangkan jika tidak ada hal yang dilakukan untuk melindungi android kita.

Tips Mengamankan android dari virus dan sejenisnya

1. Hati-hati saat browsing
Hampir sebagian pengguna android tidak mengetahui jika virus, malware bisa menyerang lewat jalur saat kita internetan, biasanya hal ini terjadi saat kita mengunjungi situs-situs yang berisi konten il3gal contohnya p0rn0gr4fi, judi dan sejenisnya.

Saran mimin jika lagi browsing dan ada situs yang meminta data pribadi kita seperti password dan sejenisnya maka langsung tinggalkan saja situs tersebut, tapi sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi sebab google telah menandakan situs yang aman dengan tidak dan untuk mengetahuinya ialah di samping kiri url terdapat logo gembok dan jika berwarnah hijau berarti aman tapi jika merah itu menandakan bahaya.

2. Perhatikan perizinan aplikasi yang di instal
Play store merupakan salah satu market aplikasi, buku dan lain-lain yang telah disediakan oleh android untuk memudahkan kita mendownload dan sudah dipastikan play store aman digunakan.

Selain itu keuntungan mendownload di play store ialah kita bisa melihat aplikasi yang ingin didownload itu memerlukan izin apa saja jadi hal ini bisa meminimalisir android dalam keadaan bahaya.

Sebab sekarang banyak aplikasi yang membutuhkan izin yang sama sekali tidak mempengaruhi di aplikasi tersebut, contoh aplikasi edit foto memerlukan izin pesan, apakah itu normal? tidak, itu sangat tidak normal jadi mulai sekarang berhati-hati lagi dalam menginstal.


3. Rutin update os android
Android sejak dulu selalu menghadirkan updatetan terbaru guna untuk membuat pengguna menjadi lebih aman sebab dengan di update maka bug atau celah keamanan yang ada di smartphone akan langsung diperbaiki pada versi terbarunya

Selain itu juka dengan update kita akan mendapatkan fitur baru yang tidak akan ditemukan pada versi sebelumnya.

4. Mengaktifkan fitur sumber tidak dikenal
Untuk kalian yang belum mengetahui ternyata smartphone sudah menyelipkan fitur pengaman yang fungsinya untuk menfilter aplikasi yang akan kita insta, dan untuk caranya kita cukup pergi ke pengaturan/setelan - keamanan - cari tulisan unknown source atau sumber tidak dikenal dan terakhir centang.

5. Hati-hati saat instal aplikasi dari pihak ketiga
Play store bertujuan supaya kita bisa aman mendownload aplikasi tapi entah mengapa kita malah sering mendownload aplikasi diluar play store dengan alasan disana bisa lebih banyak menemukan aplikasinya atau bahkan memang sengaja hanya ingin mendapatkan aplikasi yang gratis.

Tapi tahukah kalian bahwa selain dari browsing, virus, malware dan sejenjisnya juga sering ada di aplikasi yang kita instal diluar play store, hal inilah yang perlu kalian waspadai, ada baiknya sebelum menginstal perlu dicari tahu dulu kebenaran aplikais tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mengamankan android dari virus malware"

Post a Comment

Jika kalian senang dengan artikel diatas bisa langsung berkomentar dengan baik dan sopan, satu komentar sangat berharga untuk saya dan website ini kedepannya.

Terimakasih, admin aldi blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel