Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android - Aldi Blogger

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android



Selamat pagi kawan-kawanku blogger sekalian bertemu lagi nih sama admin aldiblogger yang baik hati dan tidak sombong ini tentunya hehe pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang tips mengatasi masalah yang mungkin telah dialami oleh semua pengguna android.

Kita disini akan mengupas tentang cara mengatasi "Sayangnya aplikasi telah berhenti". tentu saja masalah ini sudah pasti pernah atau sering dialami oleh para pengguna android lama dan mungkin juga pengguna baru.

Mimin sengaja membuat artikel tentang ini dikarenakan mimin juga pernah mengalami hal seperti ini yang membuat panik karena memang sebelumnya tidak pernah melakukan apa-apa di androidnya.

Dan menurut mimin pribadi masalah seperti ini adalah wajar jika terjadi dikarenakan android merupakan sistem operasi yang penggunaan di smartphone paling banyak, maka jangan heran jika kerusakan pada software sering muncul.

Sebenarnya masalah ini bisa kita atasi dengan berbagai macam cara yang bisa dicoba (dibawah nanti mimin jelaskan semua caranya) tapi sebelum itu kita mau bahas dulu tentang penyebab kenapa aplikasi bisa berhenti tersebut.

● Penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti

1. Ram penuh
Penyebab pertama yang sering terjadi adalah penuhnya ram pada android tersebut, hal ini dikarenakan ram merupakan komponen paling penting yang berguna untuk mempertahankan aplikasi pada saat dibuka.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa apabila ram diandroid kita telah penuh maka aplikasi yang dibuka akan sulit berjalan dengan lancar dan mengakibatkan aplikasi nya crash atau muncul sayangnya aplikasi telah berhenti.

2. File cache membengkak

Cache merupakan sebuah file data dari aplikasi yang memerlukan koneksi internet di android yang sering kita buka dan apabila file cache tersbut lama tidak dibersihkan maka otomatis akan menumpuk yang berdampak pada ram android tersebut.

3. Data aplikasi yang corrupt
Ram masih banyak tersisa dan data cache juga sudah dibersihkan tapi kenapa aplikasi telah berhenti masih tidak bisa diatasi? mungkin data aplikasi tersebut telah rusak/corrupt sehingga aplikasinya tidak bisa berjalan dengan normal.

Masalah ini sering terjadi dikarenakan pada saat kita mendownload sebuah aplikasi bukan dari play store tapi melalui website sehingga pada saat ada pembaruan otomatis file obb nya tidak tersingkron yang mengakibatkan gagal membuka aplikasi tersebut.

4. OS android yang tidak kompatibel
Seiring berjalannya waktu membuat operating system (OS) juga semakin canggih dan hal tersebut pastinya memerlukan pembaruan yang mengakibatkan aplikasi lama akan sedikit bermasalah jika di akses.

Maaf sebelumnya jika penjelasannya sedikit membingungkan. jadi gini jika kita menjalankan aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan pada perangkat android bersistem operasi Naugat 7.0 tapi kita menggunakannya di android OS dibawahnya yaitu marshmallow maka hal inilah yang membuat aplikasi tersebut tidak akan berjalan dengan normal.

Itulah beberapa point yang kemungkinan besar menjadi penyebab kenapa gagalnya menjalankan aplikasi di android dan kita akan melanjutkan inti dari artikel ini yaitu bagaimana cara mengatasi "sayangnya aplikasi telah berhenti" berikut ini cara yang bisa dicoba.

● Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti


1. Restart android
Untuk cara termudah yang bisa dicoba dalam mengatasi masalah pada android ialah dengan cara merestart androidnya, lalu jika telah dicoba tapi belum bisa mengatasinya maka lanjut ke poin kedua dibawah ini.

2. Hapus cache
Seperti yang telah mimin jelaskan diatas bahwa cache yang jarang dihapus file nya akan membesar dan jika telah seperti ini maka otomatis akan berdampak pada ram yang menyebabkan aplikasi akan sulit berjalan dengan normal jika kekurangan ram pada android tersebut.

File cache harus sering dihapus supaya android nya lebih bebas ram dan jika begini maka aplikasi akan lebih mudah berjalan dengan semestinya, dan untuk yang mau menghapus cache bisa langsung pergi ke pengaturan - penyimpanan - hapus data dalam cache.

3. Mematikan aplikasi yang berjalan dibelakang layar
Pengguna android kebanyakan tidak mengetahui bahwa ada beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting yang berjalan dibelakang layar dan tentunya hal ini akan menyebabkan terbuangnya ram secara sia-sia.

Untuk mengatasi cara ini ialah gunakanlah aplikasi penghenti aplikasi hidup dibelakang layar seperti greenify, dengan aplikasi ini maka kita akan lebih mudah untuk mematikan yang berjalan dibelakang layar yang tidak terlalu penting.

4. Update aplikasi
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi telah berhenti adalah dengan cara mengupdate aplikasinya tersebut. hal ini terjadi karena pada saat menginstal dari sumber bukan selain play store bisa saja mengalami kerusakan file, maka saran yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan cara mengupdate atau menginstal ulang aplikasi itu sendiri.

5. Upgrade os android
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa aplikasi akan berhenti atau tidak berjalan dengan baik jika os yang di haruskan menjalankan aplikasi tersebut beda dengan os yang kita pakai sekarang.

Sebagai contoh kita mau menginstal aplikasi yang merekomendasikan OS naugat tapi android yang kita gunakan masih memiliki OS marshmallow maka yang terjadi akan error dan tidak akan berjalan dengan lancar.

Saran mimin sebelum menggunakan aplikasi tersebut maka cobalah dulu OS nya di upgrade supaya lebih cocok dan tidak terjadi lagi masalah seperti itu.


Itulah penyebab dan cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti semoga bermanfaat dan untuk yang senang dengan artikel diatas bisa langsung berkomentar dibawah ini karena satu komentar sangat berharga buat saya dan situs ini kedepannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android"

Post a Comment

Jika kalian senang dengan artikel diatas bisa langsung berkomentar dengan baik dan sopan, satu komentar sangat berharga untuk saya dan website ini kedepannya.

Terimakasih, admin aldi blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel