Kelebihan dan kekurangan domain TLD pada blog - Aldi Blogger

Kelebihan dan kekurangan domain TLD pada blog



Selamat pagi kawan-kawanku blogger sekalian bertemu lagi sama admin aldiblogger yang baik hati dan tidak sombong ini hehe pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang apa saja keuntungan dan kerurangan menggunakan top level domain diblog.

Istilah TLD pasti sudah sering terdengar dikalangan para blogger karena top level domain (TLD) ini sudah menjadi ciri khas seorang blogger. tapi sebelum masuk ke pembahasan, dibawah ini saya akan perjelas sedikit tentang apa yang dimaksud (Top Level Domain) tersebut.

Domain merupakan suatu nama unik yang diberikan untuk bertujuan mengidentifikasi suatu alamat server komputer. dibagi menjadi 2 bagian, yang perama ialah top level domain (TLD) yang kedua: subdomain (Domain bawaan).

Sebelum kita membahas tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan TLD domain, alangkah baiknya jika saya memberitahukan sedikit tentang beberapa jenis domain yang digunakan banyak orang saat ini.


• Jenis-jenis top level domain:

1: .com
Top Level Domain ini adalah yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh blogger, com memiliki arti commercial yang artinya sangat bagus digunakan diwebsite seperti perusahaan ataupun blog pribadi.

2: .org
Domain yang satu ini ditujukan untuk kita yang mempunyai sebuah organisasi.

3: .net
Domain yang dipertujukan untuk website yang mempunyai atau berniche jaringan. taukah kalian jika domain ini yang paling banyak digunakan setelah .com


• Kelebihan domain TLD


1: Membuat blog lebih mudah diingat alamatnya
Salah satu kelebihan dari domain TLD ini ialah kita bisa memperpendek dan juga mempercantik alamat blog kita, tentu saja ini akan menguntungkan buat kita karena jika para pengunjung sudah hafal dengan blog kita maka sangat besar mereka akan selalu datang berkunjung disitus kita.

2: Blog lebih profesional
Mengganti subdomain ke domain tld juga akan membuat blog kita kelihatan profesional, karena pengunjung akan mengira jika kita situs kita tersebut memang berisi hal-hal yang berisi dan juga bermanfaat.

3: Membuat kita semakin rajin update artikel
Hal ini telah saya rasakan sendiri. setelah mengganti ke top level domain. sekarang admin jadi lebih rajin dalam mengupdate artikel, karena untuk mendapatkan domain TLD tersebut kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. jadi berpikirlah.

• Kekurangan domain TLD


1: Harga sewa nya tidak murah
Kekurangan yang pertama ialah mahalnya harga sewa yang diberikan oleh penyedia domain dan akan bertambah mahal jika kita menyewa lengkap dengan paket hostingnya. tapi untuk blog yang sudah berpenghasilan maka hal ini bisa langsung cepat diatasi.

2: Rank blog akan hilang
Mengganti ke top level domain akan menghilangkan trafik, rank serta backlink yang telah kita kumpulkan pada saat masih menggunakan subdomain (domain bawaan) dan kita akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menjadikan blog seperti dulu trafiknya.

3: Susah mencari nama domain yang diinginkan
Kekurangan terakhir ialah kita akan sangat susah mencari nama domain yang kita inginkan, karena kebanykan sudah diambil oleh blogger lain jadi mau ataupun tidak kita harus mencari nama yang lain.

Baca: Masalah yang sering dialami blogger saat ngeblog

Sekarang sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan menggunakan domain TLD? itu semua terserah kalian mau mengganti atau tidak, tapi menurut saya pribadi mendingan ganti aja. tapi jika uang yang jadi masalah sebaiknya biarkan saja menggunakan subdomain (domain bawaan)


Mungkin cukup sampai disini saja infonya semoga bermanfaat dan untuk yang senang dengan artikel diatas bisa langsung berkomentar dibawah sebab satu komentar sangat berharga buat saya dan situs ini kedepannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan dan kekurangan domain TLD pada blog"

Post a Comment

Jika kalian senang dengan artikel diatas bisa langsung berkomentar dengan baik dan sopan, satu komentar sangat berharga untuk saya dan website ini kedepannya.

Terimakasih, admin aldi blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel